Minggu, 17 Juli 2011

Touring Depok-Bandung

Diawali ajakan iseng Ulil Lilu, akhirnya jadi juga touring depok-bandung..

awalnya emang ragu karena belum pernah touring jarak menengah kaya gitu.. tapi, jajal aja ah..

Berangkat dari depok jam 04.45, menuju depan gedung Antam jagakarsa sebagai titik temu..

Ga berapa lama,dateng deh dua orang dengan kelip-kelip lampu sepeda..

ada Ulil dan Om Virgo..

Perjalanan pun dimulai.. menyusuri jalan TB simatupang, ke arah pasar rebo, terus dilanjutkan ke arah bambu apus dan berbelok ke arah cibubur..

Dari cibubur, sepeda digowes ke arah transyogi.. ga berat sih perjalaannya, tapi lawannya itu lho.. TRUK SAMPAH bermuatan bahan beracun tingkat dewa!

Setelah melewati mekarsari, kita berhenti untuk sarapan..

sarapan udah masuk ke perut, sekarang saatnya gowes ke Jonggol!

dari mekarsari ke Jonggol didominasi jalan yang kanan kirinya sawah.. dan ada jembatan panjang yang melewati sungai yang lumayan deras arusnya..

jalaaaaan terus..dan istirahat di sebuah warung sambil dengerin radio yang teriak2 "Radio UNYUK UNYUUUUK!" --"

Jalan sampe sini masih oke ritmenya.. dengan posisi yang ga berubah2.. tapi begitu jalan udah mulai nanjak-nanjak, Ulil mulai menunjukkan tanda-tada kelelahan.. kram kram terus! mulai deh Ulil ketinggalan-ketinggalan terus..

Saya sama om Virgo terus nanjak sampe ke cikalong kulon, dan Ulil belum terlihat tanda-tanda kedatanganya.. sampe tiba-tiba keliatan ada orang dorong2 sepeda..hahaha.. dituntun juga sepedanya..

Abis ini, penyiksaan sesungguhnya baru akan dimulai!

ada jalur Cariu yang terkenal nanjaknya kaya setan! kata Om virgo sih tanjakannya pedes..

tanjakannya sekitar 30derajat sampe 445derajat dan panjangnya sekitar 8km..

setengah jalan tanjakan, mulai capek.. bayangin aja.. sepeda nambah beratnya gara2 rak dan tas beserta isinya..

ga abis ide, kita nunggu ada truk yang lagi kesusahan jalannya.. kita gowes pelan-pelan, dan begitu truknya lewat di samping kita, kita tangkep deh pegangan2 di truk itu.. akhirnya kita naik tanpa gowees! hehehehe.. tapi tangan sakitnya minta ampuuuun karena ketarik-tarik truk..hehee..

tanjakkannya gini nih..panjang banget..banyak truk yang ga kuat..

Ulil menghilang..saya dan om virgo nongkrong d warung dulu sebelum puncak pinus.. lama nunggu ulil, tiba-tiba dia telpon.. dari suara latar belakang telpon dia, kedengeran suara mesin dan suara khas mobil pick up.. ternyata dia naik pick Up dan udah sampe di pertigaan cianjur! sial! berarti dia ga keringetan nanjak Cariu.. --"

Di deket puncak cari juga ada tebing2an lho!

gilanya, setelah pertigaan cianjur, masih ada tanjakan cikalong wetan! tadinya saya di belakang om virgo terus gowes, tapi begitu lat ada jalan turun di depan, niat mau istirahat bentar, eh kaki malah kram! akhirnya malah istirahat lama di puncak tanjakan cikalong wetan..hehehe..

akhirnya disini ketemu Ulil yang ternyata daritadi nuntun sepedanya..hehehe..
Setelah istirahat, kita lanjut jalan menuju cianjur.. kondisi Ulil yang drop bikin sedikit-sedikit berhenti.. akhirnya kita dapet kabar om Virgo udah di Cianjur lagi makan bubur.. kita jalan nyusul om virgo, ternyata kita selisih satu jam sampe di bubur itu..wah, lumayan..

Ulil yang drop malah tidur di warung bubur sampe magrib.. setelah magrib, kita lanjut jalan keluar dari kota Cianjur menuju Padalarang.. Jalanan di sini lurus dan rata, karena jalan kota.. bisa gowes ngebut di sini.. tapi selepas cianjur masuk padalarang, jalanan setan dimulai kembali! Tanjakan khas Padalarang yang biasapake mobil juga ngos-ngosan, ini ditempuh dengan sepeda?? kata orang sih, kita stress..hahaha..

dari sini udah malem, jadi ga bisa foto-foto.. jalan yang gelap gulita cukup membantu dalam menggowes karena menipu otak kita..otak kita nganggep jalan ini datar.. ritme yang teratur juga membantu supaya ga cepet cape.. tanjakan di padalarang ini ga abis-abis lho! panjang dan banyak banget! kita sampe puncak tanjakan jam 10malem.. gelap, dingin, baju basah..hahaha..

dari puncak padalarang, kita meluncur turun sampe ke Cimahi.. akhirnya cimahi!! hehehe.. makan malem nasi goreng, dan akhirnya berangkat lagi menuju Bandung via jalan gunung batu..hehehe..

Semuanya yang tadinya capek jadi seger lagi begitu liat tulisan 'Gerbang Tol Pasteur' ! hahaha..

Akhirnya sampe bandung juga!!